13 Agustus genap 66 Tahun Kehilangan Al Allamah As Syahid Tuan Guru Haji Sulong Patani.

 13 Agustus genap 66 Tahun Kehilangan Al Allamah As Syahid Tuan Guru Haji Sulong Patani.






Muhammad bin Haji Abdul Qadir bin Muhammad bin Tuan Minal dengan panggilan tuan guru Haji sulong, selain dikenal sebagai ulama kharismatik, pakar dalam bidang tafsir dan ushuluddin. Beliau juga dikenal sebagai sosok pejuang sejati yang justru berkesan sebagai Tokoh spiritual dan juga reformasi Masyarakat bangsa Melayu Patani.

Haji sulong bukan hanya seorang pemimpin agama dan politik. Sebaliknya, adalah pemimpin yang mereformasi pendidikan di Patani dari sistem pondok pesantren menjadi sistem sekolah di mana kurikulum pelajaran menjadi teratur. Sekolah ini merupakan sekolah Agama pertama di Patani yang di beri nama “Madrasah Al Maarif Al Wataniah Fatani”. Dengan struktur organisasi dan disiplin siswa yang rapi dan teratur. Di sini para siswa juga menjalani Pelatihan parade yang rapi dan bersemangat.

Patani kini sudah kehilangan pemimpin spiritual seperti Haji sulong yang memimpin seluruh umat islam Melayu Patani. Saat ini hanya pemimpin dari setiap organisasi dan asosiasi yang merupakan pimpinan Umah islam dan masyarakat Melayu Patani. dengan kehilangan haji sulong menekan perasaaan duka cita mendalam terhadap masyarakat islam Melayu Patani.

Haji sulong di bunuh dan jasad mereka tanpa perkuburan, hanya nama dan tempat pembuangan jasad mereka menjadi catatan sejarah hingga sekarang. semuga Allah SWT merahmati Roh biliau di akhirat nanti. Amin!

Editor: JEMAP Online
Credit Foto: JEMAP Online

ไม่มีความคิดเห็น